Saturday, 1 July 2017

Penyebab Dan Cara Jitu Mengatasi Pc / Laptop Lemot

Posted by on Saturday, 1 July 2017



Hampir semua orang akan merasa kesal jika laptop yang mereka gunakan lemot. Terlebih lagi ketika kita sedang mengerjakan sesuatu, misalkan tugas kantor atau sekolah.

Lebih parahnya lagi jika tugas tersebut harus diselesaikan dalam waktu dekat, mungkin ini akan menjadi masalah karena laptop yang kita andalkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut malah lemot.

Selain menghambat kita dalam mengerjakan tugas, laptop yang lemot juga mengganggu aktivitas lain seperti browsing maupun gaming. Pokoknya, laptop yang lemot sangat-sangat menjengkelkan!
Penyebab dan cara mengatasi laptop lemot

Untuk mengatasi laptop lemot tersebut, anda terlebih dahulu harus mengetahui penyebabnya, setelah itu baru mencari solusi untuk mengatasinya.

Tapi tenang saja, dalam artikel yang lumayan panjang ini akan dibahas tuntas mengenai kedua hal tersebut.  Berikut beberapa penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya :

1. Kapasitas RAM anda kecil

2. Banyaknya program yang dijalankan dalam satu waktu (multitasking)


3. Adanya virus atau malware pada laptop anda


Yang namanya virus, kerjaannya pasti merusak. Lebih menjengkelkannya lagi virus ini bisa menggandakan diri (mutasi) dan menjadi penyebab utama kinerja laptop menjadi lambat.

Selain merusak data-data penting anda, virus ini juga dapat merusak file-file system yang menyebabkan laptop menjadi lelet dan hang.
Cara mengatasinya :

Gunakan antivirus handal untuk melindungi laptop anda dari virus/ malware. Pada dasarnya fungsi semua antivirus itu sama, melindungi laptop anda dari yang namanya virus. Tapi tidak semua antivirus dapat membendung serangan virus yang menjengkelkan ini.

Jika laptop anda terlanjur terinfeksi virus/ malware dan berbagai antivirus dari A sampai Z tidak dapat mengatasinya, saya sarankan segera lakukan install ulang windows anda. Sesudah itu, lakukan beberapa tips berikut ini untuk meminimalisir laptop anda terinfeksi virus :

1. Update secara berkala (database) antivitus anda

2. Jangan download sembarangan dari internet

3. Jangan colokkan sembarang FD pada laptop anda

4. Anda menginstall/ menjalankan program yang ‘berat’

Jangan memaksakan menjalanan program yang tidak sanggup laptop anda jalankan.

Maksudnya begini, misalkan laptop anda mempunyai processor Intel Pentium N3540 dengan RAM 2 GB dan anda ingin menginstall game Fifa 2016, tentu hal tersebut sangat memaksa. Karena setiap program maupun game itu memiliki minim spesifikasi sendiri-sendiri.
Cara mengatasinya :

Sebagai contoh, gambar dibawah ini merupakan spesifikasi dari game Fifa 16 :

spesifikasi-game-fifa-16

Misalkan anda ingin menginstall game tersebut tetapi spesifikasi laptop anda tidak mumpuni, saya sarankan jangan sekali-sekali menginstallnya. (Disini saya tidak berbicara mengenai tweak system dan sejenisnya).
5. Banyaknya program yang berjalan di startup

Program-program pada startup akan otomatis berjalan saat laptop pertama kali dihidupkan (masuk pada dekstop windows). Semakin banyaknya program yang berjalan pada startup, semakin berat juga proses multitasking yang dijalankan laptop anda.
Cara mengatasinya

Untuk mengatasi masalah ini, nonaktifkan program-program tidak diperlukan yang berjalan di startup. Ingat, program yang tidak diperlukan. Jangan sampai anda malah menonaktifkan program-program sistem atau driver yang akan menyebabkan laptop anda tidak berjalan semestinya atau crash.

Disable hanya program-program tidak penting yang anda kenali, jangan sembarang mendisable program pada startup. Untuk masuk pada menu startup ada beberapa cara, seperti :

1. Tekan tombol windows+R, kemudian ketik msconfig.

membuka msconfig

2. Pada jendela System Configuration, pilih menu Startup.

pilih-menu-startup

3. Untuk pengguna windows 8 dan 10, tinggal masuk ke Task Manager atau dengan cara menekan tombol Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan, kemudian pilih tab Startup.

tampilan startup pada windows

4. Klik kanan program yang anda inginkan agar tidak berjalan lagi di startup, kemudian pilih Disable.

disable-program-pada-startup

6. Banyaknya program yang terinstall pada laptop


Laptop yang terinstall banyak program didalamnya menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot. Mungkin tidak menjadi masalah jika laptop anda memiliki kapasitas harddisk yang cukup besar, misal 1TB

Nah beda lagi kalau laptop anda memiliki kapasitas HDD hanya 320 GB tetapi banyak aplikasi yang terinstall didalamnya. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab kinerja laptop menjadi lemot.